Tips Tetap Produktif dan Sehat Mental Saat Bekerja dari Rumah

Tips Tetap Produktif dan Sehat Mental Saat Bekerja dari Rumah

Penyebaran virus corona atau yang dikenal dengan COVID-19 berdampak pada semua sektor, mulai dari penerbangan internasional hingga kelangkaan masker dan mahalnya harga hand sanitizer. Guna mencegah penyebaran yang semakin massif, pemerintah RI mengambil berbagai kebijakan, diantaranya belajar dari rumah (bagi peserta didik PAUD hingga SLTA) dan bekerja dari rumah/work from home (WFH) bagi pegawai negeri maupun perusahaan swasta.


WFH  bisa saja disikapi menjadi perpanjangan jam tidur, kumpul keluarga, atau berolahraga.  Jadi WFH seolah-olah pedang bermata dua. Di satu sisi, karyawan bisa tinggal di rumah, tetapi menjadi lebih sulit untuk fokus pada benar-benar bekerja. Entah itu tumpukan cucian yang tiba-tiba terlihat lebih menarik daripada daftar tugas kita, atau nonton acara sinetron berseri di TV, sehingga menjadi tetap produktif di rumah harus ada sedikit usaha ekstra.  Jadi, apakah kita setiap pagi harus segera bersiap sarapan lalu berpakaian rapi seolah mau berangkat kantor atau tetap dengan kaus dan celana piyama dan dasteran untuk ibu-ibu?


Bagaimana agar kita bisa tetap fokus pada pekerjaan dan sehat secara mental saat bekerja dari jarak jauh? Berikut adalah beberapa tips yang mungkin dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi kita di rumah masing-masing. Tips pertama, cobalah untuk menemukan sendiri tempat atau ruangan yang nyaman untuk bekerja, misalnya pencahayaan yang cukup atau posisi laptop dan stop kontak yang tersedia. Kedua, tetap berkomunikasi dengan atasan atau teman-teman kantor melalui e-mail, whatsapp grup (WAG) atau media sosial lainnya. Namun hati-hati gagal focus dengan perhatian kita yang justru banyak pada membuka berita tentang rumor yang beredar di medsos. Ketiga, ini yang paling penting, rencanakan target harian sesuai dengan tugas yang telah dibebankan selama WFH.
Nah demikian tips WFH. Semoga bermanfaat, tetap sehat ya….


Tags: # Opini