Tugas Pokok dan Fungsi

          Berdasarkan PMA Nomor 42 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Agama RI Pasal 800 - 814, Tugas Pokok dan Fungsi Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Kegamaan adalah sebagai berikut:

          Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan mempunyai tugas melaksanakan penyusunan kebijakan teknis dan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan serta pengembangan tenaga teknis pendidikan dan keagamaan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

          Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 800, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan menyelenggarakan fungsi:
a. penyusunan kebijakan teknis di bidang pendidikan dan pelatihan serta pengembangan tenaga teknis pendidikan dan keagamaan;
b. pelaksanaan pendidikan dan pelatihan serta pengembangan dan pengendalian mutu tenaga teknis pendidikan dan keagamaan;
c. pengembangan sistem informasi, publikasi, fasilitasi dan kerja sama pendidikan dan pelatihan tenaga teknis pendidikan dan keagamaan;
d. pemantauan dan evaluasi pelaksanaan dan pasca pelaksanaan pendidikan dan pelatihan tenaga teknis pendidikan dan keagamaan;
e. pelaksanaan bina substantif pendidikan dan pelatihan serta pengembangan tenaga teknis pendidikan dan keagamaan pada balai;
f. penyusunan laporan pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan serta pengembangan tenaga teknis pendidikan dan keagamaan; dan
g. pelaksanaan administrasi Pusat.

          Susunan organisasi Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan terdiri atas:
a. Bagian Tata Usaha;
b. Bidang Program dan Pengendalian Mutu;
c. Bidang Penyelenggaraan; dan
d. Kelompok Jabatan Fungsional.

          Bagian Tata Usaha mempunyai tugas melaksanakan penyiapan penyusunan rencana, program, anggaran, urusan keuangan, kepegawaian, ketatalaksanaan, persuratan, kearsipan, perlengkapan, rumah tangga, pengelolaan barang milik negara serta evaluasi dan pelaporan.

          Dalam melaksakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Bagian Tata Usaha menyelenggarakan fungsi:
a. penyiapan bahan penyusunan rencana, program, anggaran, urusan keuangan;
b. penyiapan bahan pelaksanaan urusan administrasi kepegawaian, ketatalaksanaan, persuratan, kearsipan, perlengkapan, dan rumah tangga;
c. penyiapan bahan pengelolaan barang milik negara; dan
d. penyiapan bahan pelaksanaan evaluasi dan pelaporan.

          Bagian Tata Usaha terdiri atas:
a. Subbagian Perencanaan dan Pelaporan; dan
b. Subbagian Umum.

(1) Subbagian Perencanaan dan Pelaporan mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana, program, kegiatan dan anggaran, serta evaluasi dan pelaporan perencanaan.
(2) Subbagian Umum mempunyai tugas melakukan urusan pelaksanaan anggaran, perbendaharaan, verifikasi, ketatausahaan, kerumahtanggaan urusan kepegawaian, ketatalaksanaan, persuratan, kearsipan, perlengkapan, pengelolaan, barang milik negara serta evaluasi dan pelaporan keuangan.

          Bidang Program dan Pengendalian Mutu mempunyai tugas melaksanakan penyiapan kebijakan teknis, materi, metode, program dan evaluasi, pengendalian mutu pendidikan dan pelatihan serta pengembangan tenaga teknis pendidikan
dan keagamaan.

          Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 807, Bidang Program dan Pengendalian Mutu menyelenggarakan fungsi:
a. penyiapan bahan kebijakan teknis di bidang program dan pengendalian mutu pendidikan dan pelatihan tenaga teknis pendidikan dan keagamaan;
b. penyiapan bahan pengembangan dan pelaksanaan program, pengendalian mutu, dan evaluasi pendidikan dan pelatihan serta pengembangan tenaga teknis pendidikan dan keagamaan;
c. penyiapan bahan kerja sama di bidang program dan pengendalian mutu pendidikan dan pelatihan serta pengembangan tenaga teknis pendidikan dan keagamaan;
d. penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi program dan pengendalian mutu pendidikan dan pelatihan serta pengembangan tenaga teknis pendidikan dan keagamaan; dan
e. penyiapan bahan penyusunan laporan pelaksanaan program dan pengendalian mutu pendidikan dan pelatihan tenaga teknis pendidikan dan keagamaan.

          Bidang Program dan Pengendalian Mutu terdiri atas:
a. Subbidang Program dan Evaluasi Diklat; dan
b. Subbidang Pengendalian Mutu Diklat.

(1) Subbidang Program dan Evaluasi Diklat mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan kebijakan teknis, penyusunan dan pengembangan program, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan dan pasca pendidikan dan pelatihan, dan laporan pelaksanaan program dan evaluasi pendidikan dan pelatihan serta pengembangan tenaga teknis pendidikan dan
keagamaan.
(2) Subbidang Pengendalian Mutu Diklat mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan kebijakan teknis, penyusunan dan pengembangan pengendalian mutu, pemantauan dan evaluasi, dan laporan pelaksanaan pengendalian mutu pendidikan dan pelatihan serta pengembangan tenaga teknis pendidikan dan keagamaan.

          Bidang Penyelenggaraan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan penyelenggaraan, fasilitasi, dan kerja sama pendidikan dan pelatihan serta pengembangan tenaga teknis pendidikan dan keagamaan.

          Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 811, Bidang Penyelenggaraan menyelenggarakan fungsi:
a. penyiapan bahan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan serta pengembangan tenaga teknis pendidikan dan keagamaan;
b. penyiapan bahan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan serta pengembangan tenaga teknis pendidikan dan keagamaan;
c. fasilitasi pelaksanaan pendidikan dan pelatihan serta pengembangan tenaga teknis pendidikan dan keagamaan;
d. penyiapan bahan kerja sama pendidikan dan pelatihan serta pengembangan tenaga teknis pendidikan dan keagamaan;
e. penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pendidikan dan pelatihan tenaga teknis pendidikan dan keagamaan; dan
f. penyiapan bahan laporan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan tenaga teknis pendidikan dan keagamaan.

          Bidang Penyelenggaran terdiri atas:
a. Subbidang Pendidikan dan Pelatihan Fungsional; dan
b. Subbidang Pendidikan dan Pelatihan Teknis Substantif.

(1) Subbidang Pendidikan dan Pelatihan Fungsional mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan rencana, pelaksanaan, fasilitasi, kerja sama, pemantauan dan evaluasi pendidikan dan pelatihan fungsional.
(2) Subbidang Pendidikan dan Pelatihan Teknis Substantif mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan rencana, pelaksanaan, fasilitasi, kerja sama, pemantauan dan evaluasi pendidikan dan pelatihan teknis substantif.


Print   Email