Kabid Program dan Pengendalian Mutu Ekspose Hasil Evaluasi Pasca Diklat

ekspose10

Dr. Aep Sy Firdaus, M.Pd., Kabid Program dan Pengendalian Mutu, ekspose Hasil Evaluasi Pasca Diklat (foto doc. Pusdiklat Tenaga Teknis/zubaidi)

Ciputat (28 Desember 2018). Kepala Bidang Program dan Pengendalian Mutu memaparkan hasil Evaluasi Pasca Diklat yang diselenggarakan pada Tanggal 28 Desember 2018 bertempat di Aula Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan.

 

Evaluasi Pasca Diklat bertujuan untuk memperoleh informasi (data) terkait: 1. Kesesuaian kompetensi yang dilatihkan dengan aktifitas pengerjaan tugas pokok dan fungsi di tempat kerja; 2. Relevansi metode diklat dengan aktivitas pengerjaan tugas pokok dan fungsi di tempat kerja; 3. Kesempatan menerapkan kompetensi yang didapat di tempat kerja beserta kesulitan-kesulitan yang dihadapi dalam menerapkan kompetensi; 4. Dukungan pimpinan terhadap penerapan kompetensi dan cara kerja hasil diklat; 5. Perubahan kompetensi peserta diklat setelah mengikuti diklat; dan 6. Perubahan kinerja peserta diklat setelah mengikuti diklat.

Populasi adalah seluruh Alumni Diklat tahun 2015-2017 dengan sampel 5 jenis alumni diklat untuk tiap-tiap provinsi yang terdiri atas: guru, pengawas madrasah dan PAI, penyuluh, dan penghulu. Responden untuk masing-masing alumni terdiri atas alumni sendiri, atasan langsung, teman sejawat, dan pengguna (user).

Alumni Responden
Guru Atasan Langsung Teman Sejawat Pengguna
Guru Guru Kepala Madrasah Guru Siswa
Pengawas Pengawas Kasi Penma Pengawas Guru KAMAD
Penghulu Penghulu Kasi PAIS Penghulu Masyarakat
Penyuluh Penyuluh Kasi PAIS Penyuluh Masyarakat

 Matriks Responden. Sumber Bidang Program dan Pengendalian Mutu Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan keagamaan.

Responden Teknik Pengumpulan Data Instrumen
 Alumni  1.  Angket  1.  Lembar Angket
   2.  Wawancara  2. Pedoman Wwaancara
 Atasan  1.  Angket  1.  Lembar Angket
   2.  Wawancara  2.  Pedoman Wawancara
 Teman Sejawat  Angket  Lembar Angket
 Pengguna  Angket  Lembar Angket

 Teknik Pengumpulan Data. Sumber Bidang Program dan Pengendalian Mutu Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan keagamaan. 

 Nomor  Interval  Kategori
 1  94 - 100  Sangat Baik
 2  86 - 93  Baik
 3  78 - 85  Cukup
 4  < 78,0  Kurang

Teknik Analisis Data. Sumber Bidang Program dan Pengendalian Mutu Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan keagamaan.

Pada paparan hasil, Kepala Bidang Program dan Pengendalian Mutu, Dr. Aep Sy Firdaus menyampaikan hasil analisis guru, sebagai berikut: “Secara umum hasil evaluasi per indikator berada pada kategori Baik. Meskipun terdapat sebaran data yang cukup bervariasi tetapi masih dalam lingkup kategori Cukup Baik, Baik, dan Sangat Baik. Di mana 5 (lima) indikator (25%) mendapatkan penilaian Sangat Baik, 13 (tiga belas) indikator (65%) mendapatkan penilaian Baik, dan 2 (dua) indikator (10%) mendapatkan penilaian Cukup Baik.”

Matriks Evaluasi Pasca Diklat Guru. Sumber Bidang Program dan Pengendalian Mutu Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan keagamaan.

Aep Sy Firdaus melanjutkan  pemaparan analisis pengawas sebagai berikut: “Secara umum hasil evaluasi per indikator berada pada kategori Baik. Meskipun terdapat sebaran data yang cukup bervariasi tetapi masih dalam lingkup kategori Cukup Baik, Baik, dan Sangat Baik. Di mana 1 (satu) indikator (5%) mendapat penilaian Sangat Baik, 10 (sepuluh) indikator (50%) mendapatkan penilaian Baik, dan 9 (Sembilan) indikator (45%) mendapatkan penilaian Cukup Baik.”

Matriks Evaluasi Pasca Diklat Pengawas. Sumber Bidang Program dan Pengendalian Mutu Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan keagamaan.

“Secara umum hasil evaluasi per indikator berada pada kategori Cukup Baik. Meskipun terdapat sebaran data yang cukup bervariasi tetapi masih dalam lingkup kategori Cukup Baik, Baik dan Kurang. Di mana 8 (delapan) indikator (40%) mendapatkan penilaian Baik, 10 (sepuluh) indikator (50%) mendapatkan penilaian Cukup Baik, dan 2 (dua) indikator (10%) mendapatkan penilaian Kurang.” Papar Aep tentang hasil analisis penyuluh.

Matriks Evaluasi Pasca Diklat Penyuluh. Sumber Bidang Program dan Pengendalian Mutu Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan keagamaan.

Selanjutnya, Aep memaparkan hasil analisis penghulu sebagai berikut: “Secara umum hasil evaluasi per indikator berada pada kategori Baik. Meskipun terdapat sebaran data yang cukup bervariasi tetapi masih dalam lingkup kategori Cukup Baik, Baik, dan Sangat Baik. Di mana 1 (satu) indikator (5%) mendapatkan penilaian Sangat Baik, 13 (tiga belas) indikator (65%) mendapatkan penilaian Baik, dan 6 (enam) indikator (30%) mendapatkan penilaian Cukup Baik.

Matriks Evaluasi Pasca Diklat Penghulu. Sumber Bidang Program dan Pengendalian Mutu Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan keagamaan.

Demikian pemaparan hasil Evaluasi Pasca Diklat yang disampaikan oleh Kepala Bidang Program dan Pengendalian Mutu Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan keagamaan. Peserta yang hadir pada kegiatan ini mengapresiasi karena sangat bermanfaat. (nasH/idham/zubaidi)

0
0
0
s2smodern