Kabid Program dan Pengendalian Mutu: “Evaluasi Pasca Diklat untuk Mengidentifikasi Kekuatan dan Kelemahan Suatu Program.”

Dr. Aep Sy. Firdaus, M.Pd., Kabid Program dan Pengendalian Mutu, memaparkan hasil Evaluasi Pasca Diklat (foto doc. Pusdiklat Tenaga Teknis/zubaidi)

Ciputat (28 Desember 2018). Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan melaksanakan kegiatan Evaluasi Pasca Diklat. Kegiatan ini dilaksanakan pada Tanggal 28 Desember 2018 bertempat di Aula Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan. Kegiatan dibuka langsung Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis dan Keagamaan, Dr. H. Mahsusi, MM.

 

Evaluasi Pasca Diklat dilakukan kepada alumni diklat. Dr. Aep Sy. Firdaus, M.Pd. menuturkan, “Feedback atau ouput-nya dibuat ke dalam 3 (tiga) output, yakni: pertama, bidang program dan pengendalian mutu; kedua, bidang penyelenggaraan, dan ketiga, bagian tata usaha. Evaluasi Pasca Diklat untuk menyiapkan hal-hal lain termasuk sarana dan prasarana.”

“Setelah kami melakukan Evaluasi Pasca Diklat dan sesuai dengan penelitian Puslitbang Penda, maka akan ada kebijakan Kepala Pusdiklat di Tahun 2019 besok bahwa seluruh peserta diklat harus fokus pada pembelajaran. Maknanya TU harus mendukung sebuah perubahan ini. Salah satunya adalah keberadaan televisi di kamar peserta, maka 2019 tidak ada televisi lagi di kamar peserta. Sebagai gantinya adalah penguatan wi-fi dan pemasangan PC (personal computer) yang bisa digunakan untuk belajar dan mengakses beberapa sumber belajar,” tegas Kabid.

 “Sebelum dilaksanakan Evaluasi Pasca Diklat, kami melaksanakan evaluasi penyelenggaraan. Evaluasi penyelenggarakan dilaksanakan untuk mengetahui apa saja selama proses penyelenggaraan diklat. Peserta memberikan evaluasi bahwa adanya televisi di kamar itu tidak semuanya diterima baik oleh peserta. Kami mencoba solusi terbaik dan itu sudah kami pertimbangkan dengan matang.” Ungkap Aep. “Tapi televisi juga perlu ada di ruang-ruang publik supaya peserta mendapatkan informasi. Ini contoh evaluasi pasca diklat dalam penyelenggaraan,” tambah Dr. Aep Sy. Firdaus, M.Pd.

“Pada 2019, kami sudah menyiapkan IKM yakni indeks kepuasan masyarakat berbasis google form yang nanti bisa diakses oleh seluruh peserta diklat baik pusdiklat maupun balai diklat. Jadi nanti kami melakukan monitoring pada diklat fungsional maupun teknis substantif yang diselenggarakan pusdiklat teknis pendidikan dan keagamaan maupun balai diklat. Jadi, nanti peserta diklat ketika mengakhiri kegiatan diklatnya ada mata diklat yakni evaluasi penyelenggaraan kami akan tuntun dan pandu untuk mengisi google form terkait dengan indeks kepuasan masyarakat. Teknis Evaluasi Pasca Diklat dilaksanakan dengan cara turun langsung ke tempat alumni. Kalau ia guru, maka kami datangi madrasah-nya. Yang menjadi responden adalah pertama alumni yang mengikuti diklat pada tahun 2017; kedua, atasan langsung dari alumni; ketiga, rekan sejawat antara 3-4 orang; dan siswa,” tutur Dr. Aep Sy. Firdaus, M.Pd. (nasH/idham/zubaidi)    

0
0
0
s2smodern