Jadwal Diklat

jadwal diklat

Berita Lain

Simdiklat 1

DJJ AKD

Air Kehidupan dalam Kediklatan

Oleh Monica Henny (Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.)

sungaiAbstrak

ASN ( Aparatur Sipil Negara) yang dulu lebih kental dengan sebutan PNS (Pegawai Negeri Sipil) saat ini berjumlah sekitar 4,5 juta orang. Mereka setiap hari berkarya untuk pembangunan bangsa dan Negara tercinta Indonesia. Ukuran besar dan kecil sumbangan pemikiran serta tenaga yang telah diberikan dengan langkah pasti setiap bulan akan mendapatkan hak dan kewajibannya. Pemerintah tergerak untuk melakukan rasionalisasi terhadap PNS, satu diantaranya bagi pegawai yang memiliki kualifikasi dan kompetensi rendah, tetapi memiliki kinerja baik, akan diberi kesempatan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan. Kini saatnya kediklatan untuk bersiap menyongsong saudara kita yang memerlukan dan ada inisiatif  untuk mengikuti diklat. Kediklatan sebagai mata air dalam kehidupan sebuah lembaga untuk merubah, memperbaharui berbagai hal yang  berkaitan dengan peningkatan kompetensi sumberdaya manusia.

Kata kunci: air, diklat

abstract

ASN (State Civilian officers) who used more viscous as civil servants (Civil Servants) now approximately 4.5 million people. Their every day work for the development of the nation and beloved country Indonesia. Small and large sizes contribute ideas and energy that has been awarded with a definite step every month will get their rights and obligations. The government moved to rationalize the civil service, one of them for employees who have low qualifications and competence, but it has good performance, will be given the opportunity to participate in education and training. Now is the time to prepare to meet the training and education of our brother in need and there are initiatives to follow the training. Education and training as a water source in the life of an institution to modify, update various issues related to the improvement of the competence of human resources.

Keywords: water, training


A. Pendahuluan

Seseorang bisa menahan lapar, namun akan lebih sulit untuk menahan haus. Apabila tubuh manusia sudah mengalami kekurangan air ancaman terburuk adalah kematian. Air sebagai salah satu unsur alam memang sangat diperlukan dan bermanfaat bukan hanya untuk manusia, namun juga hewan serta tumbuhan. Manusia sebagai pegawai juga membutuhkan air kehidupan, untuk kelangsungan hidup. Tidak lepas pula sebagai orang yang berkarya tetap memerlukan air agar tetap berkarya untuk lebih baik dan lebih berkualitas.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang menggulirkan rencana rasionalisasi . PNS kini mendapat perhatian dari pemerintah, seiring dengan kesejahteraan yang juga semakin diperhatikan. Keseimbangan antara kesejahteraan dengan kinerja sangat diharapkan.

Berbagai faktor yang akan mempengaruhi kinerja seseorang, satu diantaranya melalui kediklatan, sebagai nafasnya lembaga pemerintah. Penduduk Indonesia yang telah mencapai 250 juta orang dibutuhkan 3,5 juta  orang PSN, namun kini ada 4,5 juta, maka yang 1 juta itulah dirasionalisasi.

B. Pembahasan

Tubuh manusia terdiri atas sekitar 80% air.  Maka dari itu, baik dan buruknya kesehatan banyak dipengaruhi faktor cairan yang masuk ke dalam tubuh. Apabila air yang kita konsumsi baik, tentu akan berdampak baik bagi diri kita. Begitu pula sebaliknya.Manusia yang berkarya membutuhkan air saat dimanapun mereka berada.air sebagai penopang kehidupan.  Penyakit- penyakit yang menyerang manusia dapat juga ditularkan dan disebarkan melalui air. Kondisi tersebut tentunya dapat menimbulkan wabah penyakit dimana- mana.

PNS saat ini tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan berbagai kemampuan, dan keterampilan yang berbeda, nanum semua memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membangun Indonesia. Negara sudah merdeka selama 61 tahun, sudah banyak pembangunan yang dapat dinikmati oleh bangsa ini, namun tetap saja masih banyak kekurangan yang mesti diselesaikan agar tidak tertinggal dengan Negara lain.

Pemerintah sudah berupaya untuk  meningkatkan pembangunan di segala bidang, bukan hanya secara fisik, namun juga manusianya. Insan yang berkualitas menjadi dambaan setiap orang, agar dapat berperan serta untuk kemajuan bangsa.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi berupaya meningkatkan sumberdaya manusia yang berkualitas, untuk itu diperlukan rasionalisasi. Melakukan  rasionalisasi; melakukan perbaikan nisbah antara berbagai komponen (dl perusahaan, lembaga).Rasionalisasi dapat dimaknai tidak hanya pengurangan pegawai namun juga penambahan, penataan, dan redistribusi pegawai yang pada intinya adalah bagaimana memperoleh pegawai dengan perbandingan yang tepat dengan tugas dan fungsi yang dilaksanakan oleh organisasi.

Rasionalisasi akan didahului dengan pemetaan kompetensi, kualifikasi dan kinerja PNS. Untuk tahap pertama, pemetaan dilakukan terhadap jabatan fungsional umum yang berjumlah 1,9 juta (Kompas 4 juni 2016).Program ini direncakan akan mulai  pada tahun 2017  sampai 2019, hasil pemetaan akan dibagi menjadi empat kelompok, yakni  

  1. PNS dengan kualifikasi kompetensi, kinerja baik;
  2. PNS dengan kualfikasi dan kompetensi rendah namun kinerja baik;
  3. PNS yang kualifikasi dan kompetensi baik namun kinerja rendah;
  4. PNS yang kualifikasi dan kompetensi serta kinerja rendah. 

Bagi kelompok kedua dimungkinkan untuk diberikan pendidikan dan pelatihan, maka untuk mempersiapkan hal tersebut lembaga diklat telah siap memberikan apa yang diharapkan oleh Negara.

Pendidikan dan pelatihan sebagai lembaga pemerintah yang sesuai dengan tupoksinya untuk memberikan pendidikan dan pelatihan kepada PNS dengan berbagai macam jenis program, akan  memberikan pengetahuan dan keterampilan. Jenis kediklatan yang diselenggarakan diharapkan selaras dengan keinginan pemerintah   untuk meningkatkan kompetensi pegawai. Sebagai lembaga diklat akan tetap exis apabila didukung dengan sumber daya manusia yang berkualitas dan ingin menjadikan air mengalir dalam kehidupan setiap insan. Berbagai sarana dan prasarana yang mendukung kediklatan akan semakin memperlancar kegiatan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan.

Rencana rasionalisasi yang direncanakan oleh pemerintah, sudah pasti ada upaya untuk memperbaiki sumberdaya manusia, serta terkait dengan keuangan pemerintah, namun perlu juga disadari bahwa penyebaran penduduk yang tidak merata serta penyebaran PNS yang tidak merata juga  perlu mendapatkan perhatian.

Pemecahan persoalan PNS dapat diselesaikan dengan berbagai alternative dan semua akan berdampak secara positif maupun negative, agar tidak menimbulkan keresahan, dan kerugian bagi PNS yang telah berkarya.

            Program pemerintah dengan reformasi dan birokrasinya secara perlahan ingin melakukan yang terbaik bagi bangsa dan negara seiring dengan tuntutan jaman. Birokrasi adalah system administrasi dan pelaksanaan tugas keseharian yang tersruktur dalam system hirarki yang jelas, dilakukan dengan aturan tertulis dan dijalankan oleh bagian lainnya, oleh orang-orang yang dipilih berdasarkan kemampuan dan keahlian dibidangnya.(Azhari: 2011:59)

Kini saatnya ntuk bersama- sama ada keinginan untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik dengan kemampuan dan keterampilan. Kesadaran bagi setip PNS sangat diharapkan bawasanya dunia mengalami perubahan, namun air tetap akan mengalir dan kita semua membutuhkan air untuk kehidupan.


C. Penutup

Apapun namanya kebijakan yang dibuat dan akan dilaksanakan oleh pemerintah,  masyarakat berharap untuk menjadikan lebih baik khususnya bagi PNS. Berbagai peraturan akan tetap dibuat sesuai dengan perkembangan jaman, dan diharapkan tetap mengedepankan prinsip-prinsip keadilan dan hak- hak pegawai. Menyongsong usia 61 tahun kemerdekaan masih banyak kendala yang dihadapi  oleh bangsa dan negara agar  negara ini  benar- benar dewasa.

Pada UU No 5 Th 2014 tentang ASN mengamatkan setiap PNS mendapatkan pendidikan dan pelatihan minimal 10 hari dalam setahun. Menjadi harapan untuk realisasikan sesuai aturan yang berlaku.

PNS dengan  keyakinan dan harapan air yang mengalir akan bersih dengan banyak kandungan yang bermanfaaat untuk bangsa dan negara ini, Mari menjadikan lembaga Diklat sebagai air kehidupan untuk semua PNS.(Monica)


Daftar Pustaka:

Arsyad, sitanala. 2006.Konservasi tanah dan air.IPB Press, Bogor

Agus Dwiyanto,2015,Reformasi Birokrasi Publik UGM Press,Yogyakarta

Azhari,2011,Mereformasi Birokrasi Publik Indonesia,Pustaka Pelajar,Yogyakarta

Fuad Nashori,2003 Potensi-Potensi Manusia,Pustaka Pelajar Yogyakarta

Hillon I Goa.2007”Semua Orang Bisa Hebat”Grasindo,Jakarta

UU No 5 Th 2014 tentang Aparatur Sipil Negara

Sony.2016 ‘,Rasionalisasi PNS Secara Alamiah’.Kompas 8 Juni 2016 

……news.okezone.com/read/2016/ diunduh selasa 7 Juni 2016

Peta Lokasi

Akses Cepat

Kementerian Agama
Website resmi Kemenag RI

DJJ Pusdiklat Teknis
Diklat Jarak Jauh Pusdiklat Teknis

Badan Litbang dan Diklat
Website resmi Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI

Video Terkini

Video lainnya klik disini