Jadwal Diklat

jadwal diklat

Berita Lain

Simdiklat 1

DJJ AKD

Jendela Pembelajaran Guru

Oleh Monica Henny (Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.)

jendela belajarAbstrak
Guru sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun swasta bertugas mengabdi negara dan masyarakat. Kedudukan guru sebagai tenaga professional tentu akan melaksanakan tujuan pendidikan nasional. Berbagai cara dapat dilakukan baik  perorangan maupun kelompok agar tujuan pendidikan nasional terwujud dengan efisien dan efektif.

Keprofesionalannya dapat diukur dengan kualifikasi  akademik, kompetensi,bakat, minat, tanggung jawab,memperoleh penghasilan dll.

Berbagai cara dapat dilakukan untuk menunjang dan meningkatan profesi guru, agar tetap exis di eranya. Upaya tersebut seperti menempuh pendidikan, mengikuti  pelatihan, membaca, menulis, mengikuti kegiatan Kelompok kerja guru dll.

Kata kunci: pembelajaran, guru.

Abstract

Teachers as civil servants  and private duty to serve the country and society. The position of teachers as professionals would implement national education goals. There are many methods can be done either individually or in groups in order to realize the national education goals efficiently and effectively.

The professionalism can be measured by academic qualifications, competencies, talents, interests, responsibilities, earn and etc.

Various ways can be done to support and improve the teaching profession, in order to remain in exis era such as education, training, reading, writing, following the activities of the working group of teachers and etc.

Key words: learning, teacher.


A. Pendahuluan

Berbagai jenis lapangan pekerjaan terbentang luas di dunia ini, kita sebagai mahluk ciptaan yang tertinggi diberi nikmat dan kesempatan untuk mengusai dunia dengan talenta  kiita masing masing. Nafas kehidupan diberikan secara gratis oleh Tuhan, sudah selayaknya untuk membalas kemurahan ini dengan karya  manusia  dan dapat dinikmati juga oleh manusia yang lain. Hal yang menarik untuk disoroti adalah  guru. Melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berbagai aturan dibuat untuk guru sebagai pelaksana tenaga kependidikan di sekolah. Negara sangat memperhatikan keberadaan guru, di pundak mereka anak bangsa akan dididik untuk membawa kemajuan bangsa dan Negara.  Sebagai rasa hormat akan penghargaan dan perhatian tentu guru akan berusaha semaksimal mungkin mewujudkan tujuan pendidikan nasional yang telah digariskan pada undang- undang. Tujuan pendidikan nasional akan terwujud dengan efektif dan efisien apabila diiiringi dengan kualitas guru yang professional di bidangnya. Melalui guru yang memiliki keinginan membuka jendela pembelajaran yang lebih baik, maka pendidikan yang bermutu dan relevan dengan pembangunan bangsa akan dapat dicapai.

B.Pembahasan

Pekerjaan yang sungguh mulia diantaranya guru, sebagai ujung tombak lembaga pendidikan formal dan informal. Upaya mendukung, memperlancar serta mensukseskan  pekerjaan guru berbagai cara dapat dilakukan dan diharapkan ada keinginan untuk menemukan cara yang terbaik. Guru professional itu jawaban yang rasional, upaya apa saja, agar menjadi professional?  Profesional (dari bahasa Inggris) berarti ahli, pakar, mumpuni dalam bidang yang digeluti.

Pada UU RI Nomor 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen menjelaskan bahwa, yang dimaksud dengan profesional adalah, “pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi”. Dari pengertian di atas seorang guru yang profesional harus memenuhi empat kompetensi guru yaitu : (1) Kompetensi pedagogik, yaitu kemampuan seorang guru dalam mengelola proses pembelajaran peserta didik.2) Kompetensi kepribadian, 3)Kompetensi profesional, yaitu merupakan kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam.4)  Kompetensi sosialmerupakan kemampuan pendidik sebagai bagian dari masyarakat

Kedudukan guru sebagai tenaga professional sebagaimana dimaksud dalam pasal 2 ayat 1 berfungsi untuk meningkatkan martabat dan peran guru sebagai pembelajar berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional (uu no 4 th 2005)

Berbagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru telah diupayakan pemerintah, instansi, yayasan pendidikan . Berbagai upaya tersebut seperti :

1. Mengikuti pendidikan formal ( strata 1, 2,3)

Pendidikan  yang diikuti diharapkan  dapat menambah pengetahuan dan memperoleh informasi-informasi baru dalam pendidikan sehingga guru tersebut mengetahui perkembangan ilmu pendidikan, yang relevan untuk kemajuan pendidikan di sekolah. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi begitu cepatnya, guru sebagai soko guru pendidikan, sangat diharapkan mengikuti perkembangan tersebut.

2. Mengikuti pendidikan dan pelatihan

Berbagai jenis pendidikan dan pelatihan sangat terbuka untuk dapat diikuti sebagai upaya menambah wawasan pengetahuan, yang pada akhirnya untuk dapat diterapkan di sekolah.

3. Organisasi Kelompok Kerja Guru (KKG), maupun Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP)

Tempat yang dapat digunakan untuk membina dan meningkatkan profesi. Berbagai permasalahan, pengalaman  yang muncul di kelas, sekolah dapat didiskusikan dengan teman- teman sejawat. Keaktifan guru untuk mengikuti kegiatan ini sangat diharapkan dan memang memerlukan perjuangan serta pengorbanan.

4. Membuat karya

Masalah – masalah yang berkaitan dengan pendidikan sangat luas dan kompleks, untuk itu kreatifitas untuk menyelesaikan sangat diperlukan. Permasalahan maupun gagasan dapat dituangkan dalam bentuk karya (tulisan ).

5. Membaca

Kesadaran untuk membaca sebagai upaya mengembangkan wawasan dan pengetahuan perlu dijadikan sebagai kebiasaan yang selalu dilakukan dengan senang hati. Berbagai media masa yang tersedia di sekolah,toko buku, internet dll, akan di dapat agar guru menjadi berkualitas.

Peningkatan profesi memerlukan ketekunan, ketelitian, inisiatif, kreatifitas, inovatif, dan masih banyak lagi yang dapat dilakukan untuk menjadikan seseotang professional.Kembali pada masing- masing pribadi, maukah dan mampu untuk merubah menjadi lebih baik. Jendela tetap terbuka bagi insan pembelajar, demi bangsa dan negara tercinta.

C Penutup

Pendidikan terdiri dari berbagai macam komponen yang saling mempengaruhi. Dari berbagai komponen tersebut komponen guru yang mempunyai peranan yang sangat dominan. karena itu, profesionalisme guru merupakan kunci utama bagi keberhasilan peningkatan mutu pendidikan.

Guru profesional tidak hanya dituntut untuk dapat menyampaikan informasi kepada anak didik, melainkan juga dituntut untuk merencanakan, mengelola, mendiagnosis, dan menilai proses hasil belajar mengajar. Profesionalisme guru dapat ditingkatkan antara lain melalui cara sendiri-sendiri dan secara bersama-sama dengan jalan Pendidikan, Pelatihan Pembinaan teknis secara berkelanjutan, mau dan mampu berkarya, pembentukan wadah pembinaan profesionalisme guru.

Dengan semakin banyaknya guru yang profesional diharapkan pendidikan di Indonesia mengalami peningkatan dan kemajuan.Mari kita buka jendela, untuk melihat dan menatap keindahan profesi guru dengan berkarya.(Monica, Wi Pusdiklat Kemenang)


Daftar Pustaka

Asdiqoh, Siti.Etika Profesi Keguruan. Yogyakarta: TrustMedia Publishing. 2013

Surya Muhamad,2004, Guru dan Pendidikan;Jakarta;Balai Pustaka

Nurdin, Muhamad.Kiat Menjadi Guru Profesional. Jogjakarta: Ar-Ruz Media. 2008

Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan Ikapi. Bandung

Uzer Usman, Moh. 2011. Menjadi Guru Profesional. Ikapi. Bandung

Peraturan Perundang-undangan:

Undang- undang guru dan dosen no 14 Tahun 2005

https://ratnadewi87.wordpress.com/.

http: kangadesaputra.wordpress.com/2008/0123

Peta Lokasi

Akses Cepat

Kementerian Agama
Website resmi Kemenag RI

DJJ Pusdiklat Teknis
Diklat Jarak Jauh Pusdiklat Teknis

Badan Litbang dan Diklat
Website resmi Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI

Video Terkini

Video lainnya klik disini