Jadwal Diklat

jadwal diklat

Berita Lain

Simdiklat 1

DJJ AKD

Resensi Buku: Bukan untuk Dibaca

bukan utk dibaca


Judul buku    : Bukan untuk Dibaca

                    (The Most Inspiring Story)

Penyusun     : Deassy M. Destiani

Penerbit       : PT Era Adicitra Intermedia

Tahun Terbit : Februari 2013

Tebal buku   : XIV+490 hlm

Peresensi     : Fawziah


Perjalanan hidup itu jika dirangkai bagaikan sebuah antologi cerita. Ada berbagai cerita yang dapat terjadi sepanjang hidup ini. Cerita yang muncul selalu silih berganti antara cerita duka, gembira, menegangkan, mengesalkan, dan lainnya. Cerita-cerita tersebut adalah pengalaman, pengalaman yang memberi hikmah dan pelajaran bagi kehidupan kita.

Cerita hidup kita kadang bisa sama dengan yang dialami orang lain. Walaupun demikian, cerita hidup kita mungkin saja bisa menginspirasi dan memotivasi orang lain. Tergantung dari apakah kita mau membagikannya pada orang lain?

Jika anda pernah membaca buku karya Jack Canfield, yakni Chicken Soup For The Soul, mungkin anda akan tercengang dan tidak percaya bahwa cerita-cerita di dalamnya adalah kisah nyata. Buku Chicken Soup For The Soul telah menginspirasi banyak orang di dunia. Hal ini bukan karena pengambilan tema cerita yang berat ataupun penulisan pola naratif, namun justru karena temanya sederhana, ceritanya singkat dan ringan, serta menginspirasi.

Begitu juga halnya dengan buku “Bukan untuk Dibaca”. Meski sekilas judulnya mengajak pembaca untuk tidak membaca buku ini, akan tetapi sebenarnya pesan dibalik judul buku tersebut adalah mengajak kita untuk tidak hanya sekedar membaca saja. Namun, setelah membaca keseluruhan cerita yang ada di dalam buku, kita bisa merefleksi, menghayati, memaknai untuk kemudian menjadi sebuah bacaan yang menginspirasi dan memberikan sebuah nilai positif terhadap diri kita sebagai manusia.

Buku ini – menurut penyusunnya Deassy M. Destiani - bukanlah hasil karya tulisnya sendiri, melainkan gabungan tulisannya dengan banyak penulis online, serta tulisan non-online teman-temannya. Kumpulan tulisan tersebut kemudian dirangkai menjadi sebuah bunga rampai tulisan inspiratif, mulai dari cerita yang ada di website, email, maupun note teman-teman penulis. Di samping itu, beberapa tulisan juga bersumber dari website para motivator terkenal, seperti Mario Teguh dan Andre Wongso.  Untuk tulisan dari para motivator tersebut, Deassy M. Destiani sudah mendapatkan izin untuk share di dalam buku ini.

Buku ini cukup menarik untuk dibaca karena dikemas menjadi sebuah bacaan ringan yang ditulis dengan pola mengalir, ceritanya yang sederhana, berupaya untuk lebih faktual dengan beranjak dari kondisi lingkungan sehari-hari yang biasa ditemui, dan memiliki pesan moral yang sangat kuat. Bagi anda yang ingin melompati membaca alur cerita secara lebih lengkap mulai awal dari sebuah bab, penulis juga memberikan sebuah ringkasan isi cerita diakhir setiap tulisan yang merupakan kesimpulan atau pesan moral yang terkandung dalam cerita tersebut. Pembaca diajak untuk bisa mengambil hikmah atau pelajaran dari sebuah kisah yang disajikan.

Buku ini dibagi dalam beberapa tema tulisan. Tema-tema yang diangkat sangat mengena dan cocok untuk semua kalangan. Tema tersebut, antara lain tentang keluarga dengan mengangkat cerita-cerita inspiratif seputar ibu, ayah, belajar dari anak, suami istri, serta cinta dan harapan. Selain itu terdapat juga tema umum, yaitu kumpulan cerita inspiratif yang dikemas ke dalam tema-tema kerja, kebaikan, kebahagiaan, ikhlas dan bersyukur, bijaksana, hikmah, serta motivasi. 

Dengan membaca buku ini, penulis mengajak kita untuk selalu optimisme dalam menatap masa depan. Seolah tidak ada masalah yang tidak bisa terselesaikan. Hidup harus tetap dijalani, tidak ada kata mundur menghadapi sebuah tantangan, karena masa depan adalah milik mereka yang berani dan tangguh untuk menghadapinya. Kita tidak boleh mengeluh atas sebuah kondisi yang terjadi, karena ada orang lain yang juga kondisinya jauh di bawah kita. Kita jangan merasa seolah hanya pantas menerima kondisi yang baik-baik saja, sebaliknya ketika menghadapi sakit, kesulitan, kegagalan, menganggap seolah-olah Tuhan berlaku tidak adil. Hidup bagaikan roda berputar, kadang di atas kadanga di bawah. Jangan pernah mengeluh atas setiap kesulitan yang dihadapi, tapi tetaplah terus berupaya karena dibalik sebuah kesulitan, akan ada sebuah kemudahan (hal 457).

Seperti buku-buku psikologi popular umumnya, keberadaan buku ini diharapkan penyusunnya dapat melengkapi buku-buku sejenis. Buku ini memang bukan sebuah karya tulis utuh dari sang penyusun, buku ini juga bukan sebuah karya ilmiah murni yang banyak muatan teoritis dan kajian akademis. Buku ini hanya sebuah buku ringan yang enak dibaca dan perlu bagi siapa saja yang membutuhkan inspirasi, motivasi, atau semangat dalam hidupnya. Pembaca tidak perlu berkerut kening, atau harus berpikir mendalam untuk bisa memahami isi buku ini. Penyusun sudah berupaya untuk mengemasnya dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, mengalir, ringan dan mengena di hati pembaca. Semua tema yang disajikan adalah tema “ringan tapi berat”. Ringan karena sering ditemui dalam realitas kehidupan sehari-hari. Berat karena mengandung hikmah atau pesan mendalam yang diharapkan bisa mengubah  mindset, perilaku, sikap dan pemikiran pembaca untuk berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya. (#fawziah)

Peta Lokasi

Akses Cepat

Kementerian Agama
Website resmi Kemenag RI

DJJ Pusdiklat Teknis
Diklat Jarak Jauh Pusdiklat Teknis

Badan Litbang dan Diklat
Website resmi Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI

Video Terkini

Video lainnya klik disini