profil                    


Calon Widyaiswara Ahli Utama Lakukan Pra Orasi Ilmiah

CIPUTAT - Bertempat di Aula Kampus Pusdiklat Kementerian Agama, Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan (Pusdiklat Teknis) Dr. H. Mahsusi, M.Pd membuka secara resmi acara Pra Orasi Ilmiah Widyaiswara Kementerian Agama hari ini, Kamis (01/09) di Ciputat.

Acara yang dihadiri lebih dari 50 orang tamu undangan tersebut dipandu oleh Kasubid Pengembangan Sistem dan Kurikulum Pusdiklat Teknis Drs. Amrullah, M.M. Acara pra orasi ilmiah tersebut menampilkan tiga orang widyaiswara Pusdiklat Teknis yang akan menuju jenjang jabatan widyaiswara ahli utama. Ketiga orang tersebut adalah Drs. H. Bahruddin, M.Pd, Dra. Dermawati, M.Si dan Dra. Hj. Neneng LM, M.Pd. Ketiganya akan mempresentasikan karya tulis ilmiah hasil penelitiannya dihadapan narasumber pembahas, pembimbing dan peserta yang hadir dalam acara tersebut. Drs. H. Bahruddin, M.Pd akan memaparkan hasil penelitiannya di kota Serang, Banten berjudul "Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasarpada Madrasah di Kota Serang". Dra. Dermawati, M.Si menyajikan "Produktivitas Kerja Guru Madrasah Tsanawiyah pada Kawasan Industri Kabupaten Bekasi". Dra. Hj. Neneng LM, M.Pd menyajikan "Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan dan Disiplin Guru Terhadap Kinerja Guru Agama pada Madrasah Ibtidaiyah di Kota Tangerang Selatan".

Kegiatan pra orasi ilmiah sebagai forum seminar hasil penelitian yang diselenggarakan sebelum orasi ilmiah itu adalah salah satu dari tiga anak tangga yang harus dilalui seorang widyaiswara saat akan meraih jenjang tertinggi pada jabatan fungsional widyaiswara yaitu widyaiswara ahli utama. Dua anak tangga lainnya adalah telah mengikuti Diklat Kewidyaiswaraan Berjenjang Tingkat Utama dan telah menerima Penetapan Angka Kredit (PAK) yang ditandatangani oleh Kepala LAN.

Dari forum seminar tersebut, calon widyaiswara ahli utama akan menerima kritikan, saran ataupun perbaikan dari para narasumber pembahas dan peserta/tamu undangan terkait substansi konten, metodologi penelitian dan aspek tata tulisnya.

Dalam sambutannya, Kepala Pusdiklat Teknis Dr. H. Mahsusi, M.Pd mengapresiasi ketiga widyaiswara tersebut, sekaligus mendorong para widiyaswara lain yang hadir untuk terus menemukan ide-ide segar mengembangkan dari hasil penelitian yang sudah ada dari ketiga widyaiswara tersebut. "Jadi karya ini akan mengalir terus", ujarnya.

Lebih lanjut beliau mengatakan, "tentu 'PR'-nya bagi widyaiswara lain adalah hasil penelitian ini bisa ditindaklanjuti dalam bentuk penelitian lain yang lebih detil pada tataran yang lebih tinggi."

"Saya hanya berkeinginan, agar tiga WI ini pada orasi ilmiah nanti mendapatkan apresiasi terbaik, karya terbaik, sehingga marwah Pusdiklat bisa terangkat, citra terangkat, atas dasar orasi ini orasi terbaik bagi pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan," harapnya.

Selamat kepada ketiga widyaiswara yang berorasi. Keberhasilan ketiga widyaiswara ini akan memperkuat sekaligus meningkatkan kredibilitas kediklatan di lingkungan Kementerian Agama. [elf]

Peta Lokasi

Akses Cepat

Kementerian Agama
Website resmi Kemenag RI

DJJ Pusdiklat Teknis
Diklat Jarak Jauh Pusdiklat Teknis

Badan Litbang dan Diklat
Website resmi Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI

Video Terkini

Video lainnya klik disini