profil      info kegiatan   artikel   produk   galeri foto


Kapusdiklat Teknis Menutup ToT DJJ dan KTI bagi WI

CIPUTAT - Setelah berlangsung 12 hari lamanya, penyelenggaraan ToT Widyaisara Angkatan I Materi Diklat Jarak Jauh (DJJ) dan Angkatan II Materi Karya Tulis Ilmiah (KTI) berahir hari ini, Jum'at (24/6). Kapusdiklat Teknis Dr. H. Mahsusi, M.Si. yang didampingi Kepala Bidang Penyelenggaraan Diklat Dr. H. Susari, M.A dan Ketua Panitia Dra. Hj. Bahzah serta dihadiri jajaran pejabat Pusdiklat Teknis, panitia penyelenggara dan para peserta diklat, menutup secara resmi kegiatan diklat di Aula Kampus Pusdiklat Teknis, Ciputat.

Ketua panitia yang saat itu diwakili Dra. Hj. Bahzah menyampaikan laporannya bahwa seluruh peserta ToT yang berjumlah 60 orang widyaiswara dari seluruh Balai Diklat Keagamaan (BDK) di Indonesia dapat mengikuti rangkaian pembelajaran diklat dengan baik dan penuh kedisiplinan. Oleh karenanya seluruh peserta dinyatakan lulus dan berhak mendapatkan STTPP. Menurutnya selain berbagai teori dan praktik dalam kegiatan akademik di kelas, telah dilaksanakan juga studi lapangan selama dua hari ke dua lokasi. ToT Angkatan I Materi DJJ mengambil lokus studi lapangan ke Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dan ToT Angkatan II Materi KTI mengambil lokus penelitian di BDK Bandung.

Panitia penyelenggara berharap, agar berbagai teori dan praktik termasuk studi lapangan yang telah dilalui dalam program diklat berdampak pada peningkatan wawasan, pengetahuan dan keterampilan para peserta. Selanjutnya para peserta dapat mengembangkan dan menularkannya kepada teman sejawat lainya di unit kerja masing-masing sehingga dapat memperkuat kualitas penyelenggaraan diklat di lingkungan Kementerian Agama.

Sementara itu, Kapusdiklat Teknis Dr. H. Mahsusi, M.Si dalam sambutannya mengulas singkat lima nilai budaya kerja Kementerian Agama. Beliau menegaskan pentingnya mewujudkan pegawai ASN yang profesional.

"Untuk mewujudkan ASN profesional dimulai dari widyaiswara yang mampu memberi contoh dalam bersikap dan berperilaku profesional." ujar mantan Karo Kepegawain yang baru menjabat Kapusdiklat Teknis per 3 Juni 2016 lalu itu.

Beliau menyoroti pemetaan widyaiswara di lingkungan Kementerian Agama masih belum proporsional.

"Saya membaca peta, widyaiswara keagamaan masih kurang, baik dari jumlah maupun kompetensi. Widyaisawra administrasi juga kurang, baik dari jumlah maupun kompetesi. Widyaiswara pendidikan saat ini sudah cukup. Hal yang sama juga terjadi pada peneliti di Balitbang dan Diklat Kemenag. Makin hari semakin berkurang dan belum ada tambahan pengganti." ungkapnya.

Beliaupun menyampaikan ajakan untuk sama-sama mencari solusi, "Mungkin perlu diklat tambahan bagi widyaiswara administrasi, diklat bagi widyaiswara keagamaan, dan diklat bagi calon peneliti." ujarnya sambil menegaskannya kepada Dr. H. Susari, MA selaku Kabid Penyelenggara Diklat.

Tidak lupa beliau juga mengupas isu rasionalisasi pegawai yang menekankan pada pertimbangan kualifikasi dan kompetensi standar yang persyaratkan pada sebuah jabatan. Diakuinya bahwa dari seluruh Kementerian/Lembaga yang ada, jumlah pegawai Kementerian Agama berada pada nomor tiga terbanyak. Namun demikian untuk jabatan fungsional tertentu seperti widyaisara berada di posisi 'aman', tidak termasuk bagian yang dirasionalisasi.

Untuk itu beliau mengajak agar senantiasa meningkatkan dan mengembangkan kompetensi dalam rangka memenuhi tuntutan organasisi dan menghadapi tantangan ke depan.

Di akhir sesi, penyerahan produk diklat dari masing-masing angkatan kepada Kapusdiklat Teknis, yaitu dokumen Laporan Studi Lapangan para peserta ToT Angkatan I Materi DJJ dan dokumen karya tulis ilmiah peserta ToT Angkatan II Materi KTI.

Selanjutnya acara seremonial pun diakhiri dengan doa yang dipanjatkan oleh salah seorang peserta dari BDK Aceh, Abdul Wahab. [elf]

Peta Lokasi

Akses Cepat

Kementerian Agama
Website resmi Kemenag RI

DJJ Pusdiklat Teknis
Diklat Jarak Jauh Pusdiklat Teknis

Badan Litbang dan Diklat
Website resmi Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI

Video Terkini

Video lainnya klik disini