profil      info kegiatan   artikel   produk   galeri foto


Tingkatkan Profesionalisme Penghulu Melalui Diklat Fungsional Berjenjang

20160513 penghuluCIPUTAT - Dua elemen penting dalam layanan nikah-rujuk di Kementerian Agama, adalah penghulu dan KUA. Diantara tugas pokok penghulu berdasarkan Permenpan No. 62 Tahun 2005 adalah melakukan perencanaan kegiatan kepenghuluan, pengawasan pencatatan nikah/rujuk, penasehatan dan konsultasi nikah/masalah rumah tangga, pelayanan fatwa hukum munakahat, bimbingan hukum muamalah dan evaluasi kegiatan kepenghuluan.

Realitasnya, penghulu di tengah masyarakat adalah tokoh yang bukan sekedar pencatat pernikahan saja tetapi seringkali seluruh rangkaian prosesi akad nikah, mulai dari khutbah nikah, nasihat pernikahan, doa bahkan menjadi wali pernikahan dipercayakan kepada Penghulu. Di sisi lain para penghulu dianggap sebagai pihak yang sering disorot dengan dugaan gratifikasi. Hal lumrah di masyarakat, jika setelah menghadiri pernikahan, seorang penghulu mendapatkan “tanda terima kasih” dari pihak pengantin.

Untuk itu, KUA dan penghulu selalu berbenah meningkatkan profesionalisme kinerjanya agar senantiasa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Untuk itu Pusdiklat Teknis memfasilitasi penyelenggaraan diklat berjenjang bagi penghulu sebagai dukungan bagi pemenuhan syarat penjenjangan jabatan fungsional penghulu juga sebagai sarana peningkatan profesionalisme kerja para penghulu.

Diklat Fungsional Berjenjang Keagamaan Angkatan II untuk Penghulu Madya diselenggarakan Pusdiklat Teknis selama 11 hari dari tanggal 10 s.d 20 Mei 2016 di Kampus Pusdiklat Ciputat. Diikuti 30 orang penghulu jenjang madya utusan dari berbagai Kanwil Kemenag provinsi di Indonesia.

Diklat yang dibuka secara resmi oleh Kepala Balitbangdiklat Kementerian Agama Prof. H. Abd. Rachman, Ph.D, Rabu (11/05) lalu ini menyajikan berbagai mata diklat terkait tugas-tugas kepenghuluan. Diantaranya, jabatan fungsional penghulu dan angka kreditnya, pengelolaan administrasi nikah dan rujuk berbasis IT, analisis tentang putusan pengadilan agama terkait dengan masalah nikah dan rujuk, kajian analisis peraturan perundangan tentang perkawinan, analisis pencatatan nikah rujuk serta pencatatan perkawinan luar negeri, analisis konsep fiqqih muqoronatul mazahib, penulisan KTI bidang kepenghuluan, pembinaan keluarga sakinah serta penasehatan dan konsultasi perkawinan, metode dan teknik penanganan kasus nikah dan rujuk, kajian kritis fatwa MUI terkait dengan masalah nikah rujuk, pengembangan strategi koordinasi lintas sektoral, serta mata diklat dasar dan penujang yang memberikan pembekalan kebijakan dan wawasan umum. Materi-materi tersebut disampaikan oleh pejabat struktural dan widyaiswara Kementerian Agama serta narasumber lain yang berkompeten di bidangnya.

Selain itu, rangkaian kegiatan diklat dilengkapi juga dengan studi lapangan dan seminar hasil studi lapangan. Kunjungan studi lapangan pada diklat kali ini direncanakan ke Kanwil Kemenag Prov. Jawa Barat. Dengan itu diharapkan para peserta bisa melakukan analisis perbandingan dari berbagai informasi yang berhasil digali di lapangan untuk selanjutnya dirumuskan rencana aksi tindak lanjut. [elf]

Peta Lokasi

Akses Cepat

Kementerian Agama
Website resmi Kemenag RI

DJJ Pusdiklat Teknis
Diklat Jarak Jauh Pusdiklat Teknis

Badan Litbang dan Diklat
Website resmi Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI

Video Terkini

Video lainnya klik disini