profil                    


Pusdiklat Teknis Sosialisasikan Diklat Jarak Jauh Online

01032016 sosialisasiDJJ padangPADANG - Di penghujung bulan Februari 2016 ini, Pusdiklat Teknis mulai mengirimkan Timnya ke berbagai wilayah kerja Balai Diklat Keagamaan (BDK) di lingkungan Kementerian Agama dalam rangka Sosialisasi Penyelenggaraan Diklat Jarak Jauh (DJJ) Online. Di tahap awal ini, Tim DJJ Pusdiklat Teknis menyebar ke lima lokasi BDK dari 13 BDK yang direncanakan, yaitu BDK Aceh, BDK Padang, BDK Manado, BDK Makassar, dan BDK Ambon. Sedangkan Sosialisasi ke BDK lainnya akan menyusul pada tahap berikutnya pada bulan Maret-April 2016.

"Diklat sebagai salah satu amanat UU ASN No. 5 Tahun 2014, menjadi hak setiap pegawai dalam rangka pengembangan kompetensinya. Tetapi dengan jumlah pegawai Kemenag di tahun 2015 saja mencapai lebih dari 220 ribu pegawai maka kapasitas diklat tidak cukup hanya dengan mengandalkan diklat-diklat reguler atau konvensional. Sehingga DJJ bisa menjadi salah satu solusinya. Hal ini diperkuat juga dengan PMA No 75 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Diklat di Lingkungan Kementerian Agama yang menyebutkan Diklat Jarak Jauh secara tegas di Bab IV tentang penyelenggaraan diklat. Demikian penjelasan dari salah seorang Tim DJJ yang diberangkatkan tahap awal ini.

Dalam penjelasannya, Tim DJJ menyebutkan jika dulu di tahun 2009 hingga 2012 Pusdiklat Teknis bersama 12 BDK menyelenggarakan DJJ model Blended Learning, yaitu gabungan antara pembelajaran offline tatap muka di kelas dengan pembelajaran secara online melalui internet dan perangkat IT, maka DJJ sekarang adalah DJJ Fully Online. Tanpa ada lagi kegiatan live syncronous atau tatap muka di kelas. Dengan memanfaatkan layanan internet dan berbagai perangkat IT seperti email, chatting grup, video converence, media sosial, para peserta DJJ dikondisikan belajar mandiri. Peran Tutor DJJ hanya memandu membangun terciptanya online learning community.

Dalam sosialisasi tersebut, selain TIM DJJ menjelaskan latar belakang dan sistem DJJ juga sekaligus mempraktikkan bersama para peserta Sosialisasi simulasi proses pembelajaran DJJ Online. Dari mulai bagaimana peserta melakukan registrasi online, mengikuti proses pembelajaran hingga melakukan tes/ujian online dari sistem DJJ.

Hingga sosialisasi dijalankan, Pusdiklat Teknis telah menyiapkan 6 jenis DJJ yaitu DJJ Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Penyuluh Agama, DJJ Penghitungan Angka Kredit bagi Penyuluh Agama, DJJ Penilaian Hasil Belajar, DJJ Model Pembelajaran, DJJ Teknik Perencanaan Pembelajaran, dan DJJ Penelitian Tindakan Kelas. Keenam jenis DJJ tersebut tersedia bagi para pegawai Kemenag di seluruh wilayah kerja BDK dan dapat diakses melalui url: djj.pusdiklatteknis.kemenag.go.id

Tahap sosialisasi tersebut merupakan bagian dari langkah persiapan dari Roadmap DJJ Pusdiklat Teknis yang telah direncanakan sejak 2015 yang lalu. Jika berbagai tahap persiapan termasuk sistem dan SDM telah selesai, maka penyelenggaraan DJJ segera dibuka serentak di seluruh wilayah. Kita tunggu.. semoga Roadmap DJJ Pusdiklat Teknis dapat berjalan lancar sesuai harapan. [elf]

Peta Lokasi

Akses Cepat

Kementerian Agama
Website resmi Kemenag RI

DJJ Pusdiklat Teknis
Diklat Jarak Jauh Pusdiklat Teknis

Badan Litbang dan Diklat
Website resmi Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI

Video Terkini

Video lainnya klik disini