profil      info kegiatan   artikel   produk   galeri foto


Rakor Kediklatan Tahun 2016

rakor3 5 022016BALIKPAPAN - Mengawali program kinerja di tahun 2016, Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan bersama Pusdiklat Tenaga Administrasi menggelar Rapat Koordinasi Kediklatan Tahun 2016 yang akan membahas berbagai hal terkait langkah strategis pengembangan program diklat berbasis kompetensi. Tema yang diusung adalah "Meningkatkan Eksistensi Lembaga Diklat Melalui Pengembangan Program Diklat Strategis Berbasis Kompetensi".

Rakor Kediklatan Tahun 2016 yang dilaksanakan di Hotel Grand Senyiur Balikpapan selama 4 hari ini dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Litbang dan Diklat (Balitbangdiklat) Kementerian Agama Prof. H. Abd. Rachman, Ph.D, Selasa (2/2). Turut mendampinginya Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Dr. HM. Kusasi, M.Pd dan Kepala Kanwil Kemenag Dr. H. Shaifi serta dihadiri oleh para pejabat struktural dan fungsional serta para undangan yang berasal dari Pusdiklat Teknis, Pusdiklat Tenaga Administrasi,  Balai Diklat Keagamaan se-Indonesia, Kanwil Kemenag Kalimantan Timur dan Kankemenag Kota Balikpanan.

Dalam sambutannya, Kepala Balitbangdiklat Prof. H. Abd. Rachman, Ph.D menyampaikan kondisi Balitbangdiklat yang masih dalam posisi kurang dikenal atau the list unpopular serta kondisi yang masih lemah dalam hal koordinasi dan lobying. "Untuk itu semua harus berperan untuk menjadi public relationshipnya Balitbangdiklat. Perbanyak flayer, pamflet, web dan lain sebagainya," tegasnya. Beliau pun menyampaikan salah satu contohnya. "Menteri Agama sudah menyontohkan diri sebagai public relationship Kemenag di masyarakat." 

Lebih lanjut beliau menegaskan target penyerapan anggaran tahun 2016 adalah 95% dengan tahapan target per Juni sebesar 60%. Terhadap capaian penyerapan anggaran tahun 2015 beliau memberi apresiasi kepada 3 BDK dengan prestasi tertinggi dalam pencapaian anggaran. Yaitu BDK Aceh, BDK Makassar dan BDK Jakarta, semuanya mencapai penyerapan anggaran diatas 90%.

Selanjutnya beliau berpesan kepada para peserta rakor, diantaranya:

  1. Laksanakan kegiatan tahun ini dengan prinsip good governance yaitu transparancy dan accountability sebagaimana menjadi prinsip yg dicanangkan oleh UNDP
  2. Sosialisasikan dan jadikan PMA Nomor 75 Tahun 2015 sebagai dasar dalam melaksanakan tugas kediklatan
  3. Optimalisasi jaringan IT baik simdiklat, teleconference, hingga pemanfaatan android malalui grup Whatsapp khusus untuk 2 Pusdiklat. Tujuannya untuk memudahkan koordinasi dan forum sharing, bukan untuk forum postingan berbau porno. 13 BDK masing-masing memiliki kekhasannya. misalnya BDK Bandung terkenal dengan IT, sementara ada BDK lain yg terkenal dengan lingkungan asri, dll
  4. Buatlah roadmap strategi peningkatan kualitas diklat. Widyaiswara memiliki peran penting untuk berkontribusi pada komisi yg membahas tentang ini.

Berbagai topik strategis dan tindak lanjut dalam Rakor ini akan dibahas dalam sidang komisi yang terbagi kedalam 4 komisi. Hingga pada Jum'at (5/2) Rakor akan ditutup seusai sidang pleno dan perumusan hasil. [cut ummu atiyah]

Peta Lokasi

Akses Cepat

Kementerian Agama
Website resmi Kemenag RI

DJJ Pusdiklat Teknis
Diklat Jarak Jauh Pusdiklat Teknis

Badan Litbang dan Diklat
Website resmi Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI

Video Terkini

Video lainnya klik disini