profil      info kegiatan   artikel   produk   galeri foto


Pegawai ASN Wajib Mengisi Form LHKASN Online

sosialisasi LHKASNJAKARTA - Pelaporan harta kekayaan aparatur negara merupakan salah satu strategi pencegahan tindak korupsi dan indikator dalam zona integritas. Pelaporan harta kekayaan ini meliputi aset bergerak dan tidak bergerak yang sepenuhnya dimiliki aparatur negara. Termasuk kekayaan istri/suami dan anak yang masih dalam tanggungan. Demikian disampaikan oleh Inspektur Jenderal Kementerian Agama, Dr. Moch. Jasin, dalam acara Sosialisasi dan Verifikasi Aplikasi LHKASN di Gedung Kementerian Agama Jl. MH. Thamrin, Selasa (12/5).

Dr. Moch. Jasin, yang saat itu didampingi tuan rumah, Kepala Balitbangdiklat, Prof. H. Abd. Rachman, Ph.D, menegaskan bahwa setiap aparatur negara wajib mengisi form Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) secara online. Dan "Pelaporan ini bukan dilihat dari kaya atau miskinnya seorang aparat, tetapi kejujurannya." tegas Mantan Wakil KPK yang kini menjabat Irjen Kemenag itu. 

Lebih lanjut ia menyampaikan sebagai aparatur negara agar bersedia melaporkan seluruh aset yang dimilikinya sejak setelah diangkat, mutasi atau promosi bahkan setelah berhenti bertugas. Sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor 1 Tahun 2015 tentang Kewajiban Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara. Ia pun menargetkan seluruh pegawai di lingkungan Kemenag telah melaporkan harta kekayaannya akhir Juni 2015. "LHKASN untuk Kemenag ditargetkan oleh Menpan RB mencapai 100% pada 30 Juni 2015." ungkap beliau.

Dalam rangka mencapai target tersebut, toleransi pun diberikan Menpan RB bahwa pengisian LHKASN lebih sederhana dibanding LHKPN. "Pengisian LHKASN pada kesempatan pertama ini belum perlu melampirkan dokumen-dokumen pendukung." ungkap beliau saat mengisi acara tersebut.

Acara yang bertempat di Gedung Kementerian Agama Jl. MH. Thamrin No. 6 Jakarat Pusat ini diikuti 100 orang peserta dari seluruh unit di lingkungan Balitbangdiklat Kemenag. Yaitu Sekretariat, Puslitbang Kehidupan Keagamaan, Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan, Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan, Pusdiklat Tenaga Administrasi, Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan, dan Lajnah Pentashihan Mushaf Alqur'an. Masing-masing unit menghadirkan pejabat Eselon II, Eselon III, Eselon IV dan perwakilan Jabatan Fungsional Tertentu serta Jabatan Fungsional Umum.  Pusdiklat Teknis sendiri mengikutkan 16 orang aparaturnya dalam acara ini. 

Usai paparan interaktif Irjen, dilanjutkan penjelasan dan bimbingan teknis pengisian aplikasi LHKASN secara online pada https://siharka.menpan.go.id, dipandu oleh Tim Irjen. Dimulai 100 orang peserta yang hadir ini, informasi dan keterampilan mengisi aplikasi online diharapkan bisa diteruskan kepada teman sejawat di unit masing-masing. Sehingga target 100% di 30 Juni 2015 dapat tercapai. (admin)

Peta Lokasi

Akses Cepat

Kementerian Agama
Website resmi Kemenag RI

DJJ Pusdiklat Teknis
Diklat Jarak Jauh Pusdiklat Teknis

Badan Litbang dan Diklat
Website resmi Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI

Video Terkini

Video lainnya klik disini